CULINARY : KEDAI ORGANIK KOLONDJONO

5:01 PM

Jadi ceritanya kemarin, hari Kamis adalah hari 'hidup sehat' untukku dan juga teman-teman yang sesama foodies. Gimana nggak, pagi kami berkunjung ke Pasar Organik Kamisan yang ada di selatan Stadion Maguwoharjo, kemudian siang hari kami menjajal dessert di sebuah restoran baru yang mengusung tema 'raw food' dan berada di daerah Condong Catur. Selepas dari sana, mampirlah kami ke Kedai Organik Kolondjono yang berada di dekat percetakan Kanisius (utara Minke Red Bean). Dua tempat yang lain akan aku bahas di postingan selanjutnya.



Sesuai dengan namanya, Kolondjono menyajikan makanan sehat yang berbasis organik. Mulai dari berasnya, sayuran dan juga bumbu masak. Memang sudah banyak sekali restoran-restoran di Jogja yang menawarkan menu serupa, mulai dari yang organik, bebas MSG sampai restoran vegan atau raw food ditengah maraknya kebiasaan masyarakat yang sudah memulai untuk hidup sehat atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'eat clean'.

Makan disini di jamin terasa nyaman. Karena ruangannya sendiri bersih dan homy banget. Asik buat berlama-lama dan pelayannya juga ramah-ramah. Sayangnya satu, penyajiannya lama banget! Nunggu makanan dateng itu harus nunggu makanan sebelumnya habis dulu. Ada kali setengah jam -__- Untung rasanya enak, jadi dimaafkan deh haha.



Jadi kalau kamu ingin mencoba hidup sehat yang dimulai dari konsumsi makanan, Kolondjono bisa jadi alternatif kamu dalam memilih makanan sehat. Tidak melulu soal sayuran atau beras merah, Kolondjono punya banyak menu yang bisa kamu pilih. Menu-menu yang direkomendasikan adalah Fish Katsu Sambal Matah, Spaghetti Al Pesto dan juga menu nasi gorengnya. Berhubung ketempat ini beramai-ramai, kami bisa mencicipi banyak makanan juga :D

Fish Katsu Sambal Matah & Nasi Putih 

Ini enak banget bro! Fish katsunya terbuat dari ikan dori yang dibalut dengan tepung roti kemudian di goreng. Awalnya sempat mikir masa sih ikan goreng tepung dimakan pakai sambal matah? Eh.. ternyata ini enak banget kakak T_T berhubung doyan pedes, jadi oke-oke aja makan ini :))) Sambal matah sudah tahu dong, sambal segar yang terdiri dari cabai rawit, bawang merah, tomat, kecombrang dan irisan daun jeruk yang kemudian disiram dengan minyak panas. Seger! Agak-agak mirip dabu-dabu. Menu diatas bisa dipesan dengan nasi merah juga lho kawan.

Spaghetti Al Pesto

Spaghetti pesto, yang ini juga enak. Rasanya pas tapi buatku spaghettinya agak overcook. Mungkin kalau dimasaknya Al dente, bisa lebih enak lagi :) Tapi aku lebih suka kalau tidak ada grated cheese diatasnya. Kebanyakan keju bikin eneg kak -,-

Spaghetti Tofu Mushrooms 

Nah kalau yang di atas ini sama-sama spaghetti juga tapi sausnya menggunakan saus tomat, didalamnya ada cacahan tahu dan juga potongan-potongan jamur kancing. Ini enak lho, kalau dibanding pesto aku lebih suka tofu mushroomsnya. Walau lagi-lagi agak overcook pastanya -__- 

Tofu Katsu Sambal Matah

Sama dengan fish katsunya yang disajikan dengan sambal matah dan nasi putih, bedanya yang diatas ini menggunakan tahu. Tahu crispy banget, dimakan bareng sama sambalnya jadi punya perpaduan yang asik. Enak!

Nasi Goreng Sayur

Nasi goreng sayur di Kolondjono ini memiliki rasa yang khas, kenapa? Didalamnya ia menambahkan irisan daun jeruk yang dapat menambah rasa dan aroma nasi goreng menjadi lebih segar. Nasi goreng tersebut di goreng bersama bermacam-macam sayuran (sepertinya sayuran beku -_-) dan cabe rawit. Oh ya! Kalau tidak doyan pedas, jangan lupa pesan yang tidak pedas ya. Karena tahu-tahu menu yang keluar sudah banyak potongan cabe rawitnya. Siap-siap ingusan :)) tapi nasi gorengnya oke juga, tidak terlalu berminyak. Rasanya lebih light, mungkin karena pakai bumbu organik. Disajikan dengan tahu goreng :)

Matcha Puding

Best seller buat dessert di Kolondjono nih, Matcha Puding. Untung kemarin belum kehabisan hehe. Pudingnya imut-imut tapi enak sis. Tidak terlalu manis dan tidak terlalu padat. 

Iced Chocolate

Soal minuman, di Kolondjono menunya standar seperti di kafe-kafe atau tempat makan lain. Ada teh-tehan, macam-macam kopi dan juga minuman coklat seperti diatas. Untuk harga makanannya mulai dari IDR 20k - 30k saja dan minumannya juga around 10k :)

Sekian review kuliner kali ini, tetap semangat hidup sehat ya kawan-kawan! Jangan lupa follow IG @foodgram_yk untuk referensi kuliner seputar Jogja :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dear mbak Julia Dhiningsih/ jdfoodiary.blogspot.co.id,

    Terimakasih reviewnya untuk kedai kami, Kedai Organik Kolondjono. Juga saran dan kritiknya :)
    Maaf juga kalau proses penyajian agak lama, karena memang kami baru meracik bahan-bahan saat ada pemesanan agar makanan tetap terjaga kesegarannya. Juga semua sayuran dan bumbu yang kami pergunakan fresh, jadi tidak ada yang kami bekukan (termasuk sayuran di nasi goreng sayur). Kami senang sekali kalau mbak dan kawan-kawan suka makanan-makanan yang kami sajikan. Sekali lagi terimakasih atas kunjungannya, dan ditunggu kedatangannya lagi... :)

    Lina, Kedai Organik Kolondjono

    ReplyDelete
  2. Senang semakin banyak atensi publik atas produk petani loka sehat. Beras sehat dan sayuran yg tanpa semprot pestisida. Pewarna makanan alami seperti bunga telang. Tepung loka glutenfree bukan tepung terigu gandum impor. Terimakasih sudah membantu mempromosikan Kak.

    ReplyDelete