CULINARY : KEBELET BELUT - TIMOHO

8:02 PM

Sudah lama sekali saya ingin mampir ke tempat ini tapi belum kesampaian. Selain agak jauh, saya bingung mau ngajak siapa ke sini karena ayah saya sendiri nggak doyan makan belut. Alhamdulillah teman sesama foodie saya, Alifa, mengajak saya untuk makan siang di sini. Alhasil siang tadi sepulang kuliah saya menyempatkan diri mengunjunginya untuk makan siang, juga bersama kawan saya, Tyas.

Katanya libur, kok kuliah? Iya nih, karena pak dosen masih hutang satu pertemuan untuk presentasi final. Kalau tidak, ya nilai tidak bakal keluar sampai saya lulus LOL. Itulah lika-liku anak kuliah, kalian juga pasti pernah merasakan bukan?

Kembali ke Kebelet Belut...

Jadi tempat makan satu ini menyajikan menu-menu serba belut. Tapi kalau kalian nggak doyan belut, jangan khawatir. Di sini juga tersedia ayam-ayaman, tahu tempe, lele dan lain sebagainya. Belutnya dimasak tidak hanya digoreng, tapi ada yang digeprek dengan cabai, dimasak kuah garang asam dan yang menarik adalah saus teriyaki! Wah, mungkin mimpinya ingin seperti Unagi ala Jepang ya.

Paket Bambang (IDR 25.000)


Di Kebelet Belut kalian bisa pesan menu makanan secara satuan maupun paketan. Kalau paket sudah termasuk nasi dan es teh. Kawan saya Tyas memesan menu paket Bambang yaitu ikan belut goreng yang kemudian di geprek dengan cabai merah. Untuk belutnya sendiri digoreng garing, tapi sayangnya belut tersebut tidak dibersihkan dari tulang-tulangnya sehingga sangat mengganggu saat dimakan. Pedasnya luar biasa! Saya nggak bohong. Buat yang nggak doyan atau tahan pedas, hati-hati pesan menu satu ini kalau nggak kepingin sakit perut. Tapi buat saya pedasnya nagih sih, enak soalnya.

Paket Bejo (IDR 25.000)


Kalau ini pesanan saya. Entah kenapa begitu melihat sambal hijaunya di buku menu saya langsung terpikat. Dan menu ini nggak kalah pedas dengan paket Bambang. Saya sampai keringetan lho, rasanya pingin ngamuk tadi saking pedasnya. Tapi tetap saja makanan pedas selalu jadi favorit.
Paket Belut Teriyaki (IDR 23.000)


Belut Teriyaki pesanan Alifa. Ketika saya searching-searching tentang Kebelet Belut di Instagram, banyak diantara mereka yang merekomendasikan menu ini. Tapi buat saya, sausnya terlalu dominan manis ya. Manis banget, beneran. Jadi rasanya kurang match dengan si belut. Lagi-lagi tulangnya juga mengganggu. 
Kalau saya pribadi sangat merekomendasikan belut yang bersambal, bukan karena saya penyuka makanan pedas. Tapi belut yang digoreng memang lebih oke, apalagi dimakan bersama sambal. Lain kali pingin coba Belut Garang Asamnya, sepertinya menarik. Masukkan saya sih lebih baik memang tulang-tulang belut dan kepalanya dihilangkan saja supaya tidak mengganggu saat dimakan. Lalu, tempatnya, agak kotor untuk sebuah rumah makan. Daun-daun kering sekitar halaman coba disapu supaya bersih dan banyak juga semut merah yang mengganggu di meja makan. Mas-mas pelayannya juga, yang ramah sedikit dong. Senyum gitu lho mas, jadi saya juga semangat kalau mau pesan. Semoga menjadi masukkan yang berarti :D Sekian, selamat mencoba!


KEBELET BELUT

Alamat :
Jl.Ipda Tut Harsono no 42 
Timoho Yogyakarta

Telepon :
082299330009 / 08999285550

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mas-mas pelayannya juga, yang ramah sedikit dong. Senyum gitu lho mas, jadi saya juga semangat kalau mau pesan :DD

    ReplyDelete