REVIEW : GELATO IN YOGYAKARTA

8:00 PM

Gelato merupakan es krim khas Italia yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibanding es krim pada umumnya atau malah tidak ada lemak sama sekali. Sudah banyak gelateria (sebutan untuk toko gelato) yang menjamur di Yogyakarta. Apa saja mereka dan apa yang menjadikannya gelateria tersebut berbeda dengan yang lain? Saya akan mencoba bahas satu persatu. Sekali lagi semua yang saya ulas adalah berdasar opini indra perasa saya ya. Semua kembali ke selera masing-masing.

ARTEMY ITALIAN GELATO



Siapa tidak kenal gelato satu ini. Yup, Artemy mungkin merupakan pelopor es krim Italia atau gelato di Yogyakarta. Bermula dari gerainya di dekat Mal Malioboro, sekarang Artemy sudah punya cabang lain di Jalan Kranggan. Awalnya Artemy hanya menyajikan gelato dengan cup dan cone saja, namun makin berkembangnya dunia kuliner diikuti dengan perkembangan Artemy yang merambah ke dunia pastry dan coffee. Bahkan sekarang makan gelato dengan waffle di Artemy juga bisa.

Untuk tekstur dan rasa memang tidak diragukan lagi, Artemy memiliki kualitas tersendiri di kelasnya. Saya paling suka memesan rasa vanilla, taro dan dark choco kalau berkunjung kesini. Teksturnya creamy namun padat sehingga tidak gampang mencair. Ulasan lebih lanjut bisa dibaca di Artemy Italian Gelato


Alamat :

TKP 1
Jl. Kranggan No. 58, Yogyakarta
TKP 2
Jl. Perwakilan No. 5 (dekat Mal Malioboro)

TEMPO GELATO




Gelateria satu ini disebut-sebut sebagai saingan dari Artemy. Bagaimana tidak, Tempo Gelato juga memiliki berbagai macam rasa gelato yang menjanjikan lidah. Bertempat di kawasan wisata yang notabene banyak dikunjungi orang asing, Tempo Gelato menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berkuliner di Yogyakarta.

Tidak hanya rasa-rasa standar, namun Tempo memiliki beberapa rasa gelato yang unik seperti lemongrass, kemangi, jahe dan juga snickers. Sekarang Tempo Gelato telah membuka cabang baru di Jalan Kaliurang bersebelahan dengan Kalimilk. Ulasan lengkap bisa dibaca di ulasan saya terdahulu Tempo Gelato Yogyakarta

Favorit saya di Tempo Gelato tentu saja greentea dan dark choco. Tapi rasa kemanginya boleh juga. Kalau sorbetnya saya suka rasa raspberry dan lemon. Menurut saya Tempo Gelato memiliki rasa yang tidak lebay dan tidak membuat eneg. 



Alamat :

TKP 1
Jl. Prawirotaman, Yogyakarta
TKP 2
Jl. Kaliurang Km. 4, Yogyakarta

MYOOZIK GELATO



Myoozik sebenarnya bukanlah sebuah gelateria melainkan restoran. Namun sekarang Myoozik pun merambah ke dunia pergelatoan dan varian rasa yang diusung sangat banyak dan unik. Bisa kalian lihat sendiri gambar di atas ini, saya sendiri tidak tahu banyak apa saja rasa gelato yang ada. Totalnya ada sekitar 40an rasa yang bisa kamu coba disini.

Sejauh ini yang menjadi favorit saya di Myoozik adalah rasa red velvet dan cookies. Gelato di Myoozik memiliki tekstur yang padat namun cenderung kasar atau tidak creamy seperti gelato lainnya. Tersedia gelato dengan menggunakan cup atau cone. Ada juga cone yang diberi lelehan coklat serta sprinkle di atasnya. 



Alamat :

Jl. Dewi Sartika No. 17
Sagan, Yogyakarta

OH MY GELATO


Gelateria lain yang menurut saya punya rasa greentea yang ok, yaitu Oh My Gelato. Saya baru pertama kali sih ke tempat ini dan belum sempat untuk mengunjunginya lagi. Waktu itu hanya disediakan gelato dengan cup waffle saja. Untuk varian rasanya juga masih sedikit, mungkin sekarang sudah bertambah.

Buat saya yang enak selain greentea, yaitu sorbet limenya. Teksturnya lembut tapi tidak begitu padat. Kamu bisa menambahkan topping di atas gelato yang kamu pesan. Ulasan lengkap ada di Oh My Gelato

Alamat :

Jl. Ringroad Utara No. 2, Sleman
(dekat UPN)

CINEMA BAKERY

Cinema Bakery sebenarnya bukanlah spot khusus untuk gelato, melainkan sebuah toko kue dan roti sesuai dengan namanya. Cinema Bakery kemudian menambahkan menu gelato pada gerainya. Cinema Bakery sendiri sering mengikuti acara festival-festival kuliner yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Pertama kalinya saya mencoba gelato Cinema Bakery ini ketika di event BICOS JEC beberapa bulan lalu. Saya lupa apa yang saya pesan, yang jelas yang warna coklat adalah rasa coklat. Menurut saya, gelato di Cinema Bakery ini kurang nendang dari segi rasa dan tekstur. Teksturnya masih kasar dan untuk rasanya belum terlalu menonjol. Tapi saya rasa, mungkin sekarang sudah banyak perubahan ke arah lebih baik, karena saya sendiri belum sempat kembali lagi untuk menjajal gelatonya yang lain.


Alamat :

Jl. Palagan Tentara Pelajar
No.56, Sariharjo, Sleman

PISTACCHIO GELATO


Penggemar Nutella? Menurut saya kamu harus menyambangi gerai gelato satu ini karena mereka mempunya gelato rasa Nutella yang luar biasa enak! Maaf agak lebay. Tapi beneran deh, saya ngefans banget sama rasa Nutella dan Pistacchionya. Agak berbeda dengan yang saya coba saat kunjungan saya yang pertama ketika saya mencoba rasa kiwi, red velvet dan beberapa rasa lainnya. Agak aneh sih.

Hanya saja menurut saya Pistacchio ini kurang konsisten dalam membuat adonan gelatonya. Pernah saya dapat yang terlalu encer, tapi kadang saya dapat yang padat. Tapi untuk rasa memang tingkat kemanisannya sendiri pas dan pilihan conenya juga beragam. 


Alamat :

Jl. Affandi, Gejayan
Yogyakarta

CIAO GELATO


Gelato lain yang bisa kamu temukan di kota Yogyakarta adalah Ciao Gelato. Dengar-dengar Ciao ini juga mempunyai gelato yang oke punya. Ketika saya mengunjungi tempat ini bersama dua orang kawan dari KulinerHore dan HanyaMakan, kami mencicipi beberapa rasa seperti mango, cheesecake, raspberry, salt caramel dan yang lainnya. Menurut saya yang juara disini adalah mango dan salt caramelnya. Teksturnya lebih light rasa manisnya tidak begitu nyegrak. Tidak banyak pilihan macam gelato disini, seperti ditempat lain yang menyajikan kurang lebih 20 macam rasa yang bisa dipilih menggunakan cup atau cone.


Alamat :

Jl. Sutomo No. 46
Yogyakarta

VOLKS ICE CREAM


Yang satu ini mungkin bukan jenis es krim gelato, melainkan benar-benar es krim. Karena rasa susunya juga sangat ketara. Volks Ice Cream berada di Demangan bersebelahan dengan Mailbox Distro. Ketika saya kesana waktu masih baru, belum begitu banyak rasa yang tersedia. Tapi yang cukup unik disini adalah penggunaan cone dengan berbagai macam warna serta adanya Ice Cream Sandwich.

Saya mencoba rasa greentea dan dark choco menggunakan cone, sementara teman saya mencoba sandwichnya dengan es krim cookie. Ice cream di Volks sangat creamy rasanya namun padat. Terlihat dari ketika saya ngetake foto cukup lama, es krimnya masih bisa bertahan cukup baik. Dark choconya enak! Tapi greenteanya kurang sip sih buat saya. Harus dicoba Ice Cream Sandwichnya.


Alamat :

Jl. Cendrawasih No. 32
Demangan Baru, Yogyakarta

CONO GELATERIA


Nah, untuk kalian yang ingin makan es krim atau gelato tapi takut gemuk bisa coba yang satu ini. Cono Gelateria menyuguhkan berbagai macam rasa gelato dan ingridientsnya terdiri dari bahan-bahan alami, anti essens serta less sugar. Tapi tidak berarti rasanya tidak enak loh.

Yang unik adalah rasa charcoal atau arang hitam. Memang jika dibandingkan dengan gelato lain, Cono cenderung lebih plain. Saya sempat mencicipi rasa greentea, charcoal dan caramel. Semuanya enak! Walau harganya memang lebih tinggi, tapi patut dicoba nih guys.

Dan kalau kalian mengikuti perkembangan kuliner Korea, pasti tahu dong es krim yang sedang booming disana. Yup, es krim berbentuk bunga. Tapi nggak perlu jauh-jauh ke Korea untuk menemukannya karena di Cono penyajian gelato dengan cone dibentuk mirip seperti bunga


Alamat :

Jl. Bougenville No 1
Yogyakarta

ARLECCHINO GELATO




Ada dua gelateria baru di Yogyakarta, umurnya masih seumur jagung karena baru melakukan opening bulan Agustus lalu. Arlecchino Gelato berada di kawasan Terban, dekat dengan Karita. Saya mengunjungi tempat ini pertama kali dengan sahabat saya Retno ketika Arlecchino masih memiliki promo setengah harga hingga akhir bulan kemarin. Untuk dua scoop gelato hanya perlu membayar IDR 12.500!

Saya memesan rasa greentea dan dark chocolate. Lupa apa yang dipesan oleh Retno waktu itu, tapi yang dia pesan rasanya jauh lebih enak dibanding yang saya pesan. Ekspetasi saya akan greentea dan dark choco terlalu tinggi sepertinya. Rasa greenteanya mengecewakan. Dark chocolatenya terlalu manis, padahal dark choco seharusnya cenderung pahit. Tapi sepertinya memang tipikal gelato ala Arlecchino yang terlalu manis. Bahkan saya tidak bisa menghabiskannya saat itu. Teksturnya sendiri cenderung creamy namun lengket dan tidak padat sehingga mudah mencair.

Kunjungan kedua saya belum lama ini bersama adik saya yaitu Wilda dan sahabat saya lainnya, Alifa. Saya hanya memesan satu cup gelato dengan isian 3 scoop, begitu juga dengan Alifa. Saya dan Wilda memilih oreo, banana dan bounty (dark choco with coconut). Semua rasa yang kami pesan ternyata aman. Kecuali yang banana, malah cenderung asam. Tapi saya suka banget sama rasa bountynya. Saya lupa pesanan Alifa apa saja, yang saya ingat hanya Virgin Mojito. Asamnya terasa banget tapi cukup menyegarkan. 


Alamat :

Jl. Simanjutak No. 36 B
Yogyakarta

MAMA GELATO



Terakhir ada Mama Gelato yang juga masih seumur jagung dan berlokasi dekat dengan kampus UKDW. Yang membuat saya tertarik untuk mengunjunginya adalah gelato disini disajikan tidak hanya dengan cup atau cone, namun juga menggunakan croissant dan churros! Untuk cupnya dibanderol IDR 19.000 / 2 scoop. Dengan churros atau croissant cukup dengan IDR 29.000 / 2 scoop. Saya memilik rasa avocado coffee dan cheesecake. Sahabat saya Tyas, memilih rasa greentea dan lemon. Sementara sahabat saya Retno memilih rasa cappucino dan satunya lagi saya lupa :)))

avocado, lemon, greentea dan gelato hijau punya Retno harus banget dicoba! Enak deh, apalagi avocado coffeenya. Gelatonya juga lembut dan tidak mudah leleh. Manisnya pas sehingga tidak membuat eneg. Sayangnya ketika makan disini, susah sinyal hehe.



Alamat :

Jl. Dr. Wahidin No. 26 B
Yogyakarta

PIZZALICIOUS


Pizzalicious sekarang ada menu gelatonya lho! Beberapa waktu lalu saya sempat mencicipi rasa banana dan kumbu. Kumbu? Iya, kumbu yang biasa digunakan jadi isian bakpia. Dan dua-duanya enak! Saya juga suka tekstur gelato di sini yang lembut, hampir mirip dengan Tempo Gelato. Dua scoopnya cukup dengan merogoh kocek IDR 23.000 saja. 

Alamat :

Jl. Prof. Yohanes 170, Sagan
Yogyakarta (seberang Indomaret)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Makasih ya info ttg gerai gelatonya, jd banyak referensi gelato hehehe 👍

    ReplyDelete