CULINARY : YATS COLONY

8:54 PM


Mengawali bulan Maret ini, saya menjajal ke salah satu tempat yang bisa dibilang masih baru di area Patangpuluhan, Yogyakarta. Sebenarnya Yats Colony merupakan sebuah boutique hotel yang juga memiliki restoran yang patut didatangi. Banyak teman merekomendasikan saya tempat ini karena menurut mereka menu-menu di restorannya enak-enak. Hmm... jadi penasaran.


Setibanya saya di lokasi, saya langsung terpukau dengan desain bangunannya yang banyak bermain ornamen batu dan warna putih. Kesan adem dan nyaman makin melekat dengan banyaknya vegetasi di setiap sudutnya. Sayangnya karena saya bukan tamu hotel, saya tidak diperkenankan untuk foto-foto di area dalam hotelnya. Sedih juga sih. Semoga lain waktu ada kesempatan untuk menginap di sini walau masih sama-sama di Yogyakarta lol.




Saya kurang tahu juga kenapa bangunan ini diberi nama Yats Colony. Mungkin karena letaknya ada di Patangpuluhan yang notabene juga merupakan kawasan kolonial. Who knows. Ruang dalamnya juga sangat rapi dan nyaman. Banyak sudut yang photogenic dan membuat saya tidak bisa menahan diri untuk tidak berjalan-jalan sambil nrithik karena banyak banget properti yang lucu-lucu.

Siang itu suasana cukup sepi dan cuaca juga agak mendung. Saya datang ke sini bersama dengan dua orang teman yang kemudian sibuk dengan tugasnya masing-masing. Cukup tenang dan nyaman juga mengerjakan tesis di sini karena tidak bising, pencahayaannya juga baik dan yang penting adalah fasilitas wifi yang kencang hehe. 




Yats Colony bekerjasama dengan Coffee Smith untuk memproduksi kopi di restoran mereka. Selain itu di bagian dalam juga terdapat sebuah mini boutique yang menjual berbagai macam pakaian, bantal dan juga cangkir-cangkir lucu yang terbuat dari tanah liat. Lain kali saya harus kembali ke sini untuk beli cangkirnya :))






Menuju ke menu makanan dan minuman. Ada banyak sekali pilihan makanan tapi tidak dengan minumannya yang cenderung sedikit karena mereka mengedepankan menu kopi. Untuk makanannya mulai dari appetizer hingga main course yang bertema indonesian food maupun western ada di sini. Ada menu untuk anak-anak juga lho. Beberapa menu yang kami coba :

Cappucino Hot (IDR 35.000)

Saya memesan Cappucino panas siang itu karena memang sedang mood untuk ngopi. Yang paling menjadi perhatian saya adalah cangkirnya. Unik sekali bentuknya. Untuk kopinya sendiri standar cappucino. Btw, ini belum manis ya. Jadi kalau kalian butuh gula tambahan bisa memintanya ke pramusaji.


Iced White (IDR 41.000)

Yang ini pesanan teman saya. Saya tidak coba sih, tapi teman saya juga bilang kalau kopi ini belum manis alias belum diberi gula. 


So Fluffy Brioche French Toast (IDR 35.000)

Mungkin dari sekian banyak menu di Yats Colony, french toast ini adalah yang paling ngetrend dikalangan teman-teman foodies. Roti yang cukup tebal kemudian dilumuri dengan telur dan susu kemudian dipanggang, lalu dilumuri dengan madu dan gula halus serta diberi topping buah-buahan dan granola. Kalimat untuk menu ini, ENAK BANGET SODARA-SODARA! Kalau menurut kalian makan roti itu nggak bikin kenyang, monggo coba menu satu ini. Bahkan saya masih tahan tidak makan sampai malam karena masih kenyang makan roti lol. 


Rotinya sangat renyah di luar tapi bagian dalamnya lembut. Manisnya juga pas, tidak membuat eneg. Buah-buahannya ada semangka, stroberi dan pisang. Kalian juga bisa memesan menggunakan topping ice cream. Cocok banget ditemani oleh secangkir Cappucino panas. 


The Big Boy Beef Burger (IDR 65.000)


Beef burger di sini juga sepertinya menarik untuk dicoba. Ini pesanan teman saya. Di atas patty nya diberi keju mozarella, kemudian burger tersebut disajikan dengan salad dan potato wedges. Patty nya sendiri benar-benar 'ndaging'. Ini baru burger! Beef patty nya tebal dan kaya rasa. Potato wedgesnya juga oke, bumbunya nggak pelit dan digoreng menggunakan tepung. Enak banget deh menu satu ini. Wajib dicoba!

Papa Yats Seaside Fried Rice (IDR 45.000)

Pesanan teman saya yang satunya adalah nasi goreng. Nasi goreng di sini dimasak dengan style chinese jadi ada rasa smokeynya. Enak juga lho. Bahkan sampai sekarang saya belum pernah bisa memasak nasi goreng yang rasanya cina banget. Disajikan dengan udang goreng, acar dan kerupuk udang. Sayangnya porsinya agak sedikit hehe, jadi kurang nendang di perut.


Tidak salah ternyata mengunjungi Yats Colony untuk makan siang sembari mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk. Hanya saja untuk pelayanannya yang masih perlu perbaikan karena saya rasa pramusaji belum sepenuhnya menguasai menu, sempat salah antar menu juga dan salah menulis menu di bill (parahnya saya baru sadar setelah sampai rumah hiks). Semoga bisa lebih baik di kemudian hari ya! Yang jelas saya bakal kembali lagi ke sini untuk mencoba menu lainnya, juga untuk membeli cangkirnya (yuk nabung!). Sekian, selamat mencoba!

YATS COLONY

Alamat :
Jl. Patangpuluhan No. 23
Yogyakarta

Telepon :
0817150811

Jam Operasional :
06.00 - 22.00

Instagram :
@yatscolony

You Might Also Like

2 komentar