CULINARY : UNCLE K TRANSMART

9:20 PM

Halo! Bagaimana lebaran kalian? Pasti menyenangkan ya pulang kampung mengunjungi keluarga tercinta, bertemu saudara-saudara jauh dan bermacet-macet ria di jalan hehe. Atau kalian satu tim dengan saya yang lebarannya nggak kemana-mana? Nggak apa-apa.. Yang penting menu-menu khas lebaran harus tersedia ya di rumah!

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438H untuk teman-teman pembaca blog ini yang beragama Muslim, semoga kita masih bisa bertemu Ramadhan lagi di tahun-tahun berikutnya. Amiiiinnn...


Bicara soal kuliner memang nggak ada habisnya ya. Apalagi kalau harus mengikuti yang baru-baru ini bermunculan. Yang satu ini sebenarnya nggak baru-baru amat walau hitungannya masih hitungan bulan, tapi ketika akhir bulan puasa kemarin saya dan dua kawan dari HanyaMakan yaitu Alifa dan Mala baru sempat mencobanya. Di Yogyakarta, Uncle K berada di dalam Transmart Maguwo. Kami bertiga mengunjungi tempat tersebut untuk berbuka puasa (padahal kami bertiga sedang tidak puasa semua LOL).


Uncle K mengusung menu-menu khas Malaysia, walau di sini juga ada menu-menu western. Yang paling membuat penasaran adalah roti tisu! Sebenarnya saya pernah mencoba roti tisu sebelumnya di Rempah Asia. Di sana roti tisunya enak menurut saya. Suasana Uncle K sangat ramai kala itu karena orang-orang berkunjung untuk berbuka puasa. Lalu, apa saja menu yang kami coba?

Fish Noodle Soup (IDR 39.800)


Menu pesanan Mala. Sup mie bihun yang di dalamnya terdapat potongan-potongan ikan yang digoreng tepung, sayuran sawi, tomat dan cabai rawit. Kuah kaldunya nendang banget rasanya. Segar dan gurih serta ada rasa pedas yang mencolok dari si cabai rawit. Cocok banget dimakan untuk buka puasa, karena entah kenapa ketika berbuka itu paling enak makan makanan panas dan berkuah haha. Ditambah kalau cuaca sedang mendung dan dingin. Mantap!

Penang Prawn Mie Soup (IDR 30.800)


Kalau Penang Soup ini pesanan Alifa. Mie ala Penang yang juga memakai mie bihun tetapi kuahnya berwarna merah pekat, dan kaldunya sangat kuat akan rasa udang. Sekilas mirip Tomyum, tapi juga ada rasa terasinya sih. Kemudian isiannya ada seafood dan juga sayur kangkung. Sehat banget nih menunya. Gurihnya pas dan rasanya masih ringan. Seafoodnya ada udang, cumi dan fishcake (atau fishball ya? hehe). Tapi yang saya lihat di dalamnya dominan kangkung daripada bihunnya.



Hainan Rice Ayam Madu (IDR 34.800)


Yang terakhir adalah nasi hainan pesanan saya. Berhubung selama puasa saya hampir tidak pernah makan nasi, akhirnya saya tergoda untuk makan nasi kala itu. Sebenarnya karena penasaran dengan ayam madunya sih. Biasanya nasi hainan pasangannya hanyalah ayam kukus atau ayam yang dimasak dengan kecap seperti nasi tim.

Nasi hainannya pulen, gurih dan tidak overcook. Kaldu ayamnya pun terasa. Untuk ayam madunya menggunakan dada ayam yang dipanggang dengan saus madu. Juicy banget dagingnya tapi buat saya yang bagian paling enak adalah daging luarnya. Entah, bumbunya yang manis terasa kurang meresap hingga ke dalam. Dan satu lagi, ayamnya kurang banyak!


Roti Tisu Gula Melaka (IDR 25.800)


Sharing is caring.. Pernah dengar ungkapan seperti itu? Tapi buat saya itu nggak berlaku ketika makan Roti Tisu ini. Enak banget! Rasanya pingin saya habisin sendiri tapi kan malu juga dan dari awal perjanjiannya adalah 'urunan' hahaha, baiklah. Lain kali beli sendiri untuk dimakan sendiri. Roti Tisunya besar dan tinggi, mungkin sekitar 30cm. Diluarnya dilapisi dengan gula merah (mereka menyebutnya gula Melaka) dan bagian dalam diberi susu kental manis. Ada yang rasa durian juga lho. Bagian atas ke tengah crispy banget, tapi bagian bawah mulai sedikit alot. Tapi justru yang alot itu adalah bagian terenak menurut saya.

Well, Uncle K bakal jadi salah satu tempat favorit saya ketika ngidam masakan Malaysia. Saya juga penasaran dengan Nasi Lemaknya yang katanya enak banget. Jadi lain kali harus balik lagi! Selamat berlibur teman-temannya, selamat berkuliner ria di Yogyakarta :)

UNCLE K TRANSMART MAGUWO

Alamat :
Jl. Laksda Adisucipto No. 105A
Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional :
10.30 - 22.00


You Might Also Like

2 komentar

  1. itu yang pesenan akoh emang ikan yang digoreng tepung gitu kak, bukan fishball maupun fishcake fyi :3

    ReplyDelete