CULINARY : RAYA'S KITCHEN FOOD & COFFEE

7:41 PM


Sekarang makin banyak tempat-tempat baru bertebaran. Bahkan tempat-tempat tersebut bisa dibilang lokasinya tidak berada di area strategis, agak jauh dari keramaian, kalau kita biasa menyebutnya 'blusukan'. Kadang kita suka mikir, "Emang bakal laku kalau lokasinya terlalu masuk-masuk?", "Nanti kalau nyasar gimana? Apalagi nggak ada petunjuk jalannya." dan sebagaianya. Sayapun, suka mikir gitu sih. Tapi nyatanya, banyak banget tempat-tempat makan yang blusukan yang ramai dikunjungi. Poinnya adalah di suasana dan juga menu-menunya. 


Belum lama ini saya menemukan sebuah tempat baru yang lokasinya juga tidak strategis di pinggir jalan besar, tapi tidak sulit juga sih mencarinya karena ada di GPS hehe. Namanya Raya's Kitchen Food & Coffee. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau tempat ini menjual menu-menu kopi dan makanan. Lokasinya ada di Jalan Sulawesi, masuk gang sebelah ruko-ruko Ringroad yang ada Inul Vistanya. 


Saya cukup kagum dengan bangunannya yang benar-benar memanfaatkan lahan hunian dengan baik. Yup, halaman rumah disulap sedemikian rupa hingga menghasilkan desain cafe yang bernuansa semi-jawa-vintage dan nyaman banget. Wah, seandainya besok punya rumah sendiri dengan halaman yang luas, saya juga mau deh bikin cafe di situ daripada cari-cari lahan di tempat lain lagi LOL. Sayangnya kalau sedang hujan, ruang luarnya tidak bisa dipakai karena basah. Padahal enak juga duduk-duduk di situ ketika sore hari sambil ngopi.






Ruang dalamnya banyak dekorasi-dekorasi dari kayu dan juga aneka ragam perkakas jaman baheula alias vintage. Dimana lagi saya bisa menemukan alat musik electone jaman dulu? Beneran deh, saya dibuat jatuh cinta dengan dekorasinya.


Masuk ke menu makanan dan minuman, Raya's Kitchen tidak hanya menjual menu-menu standar seperti kopi, teh dan lain-lain tapi di sini menu makanannya Indonesia banget. Rata-rata menu mereka adalah menu berat seperti nasi, walau ada juga snack-snack ringan seperti mendoan. Soal harga jangan ragu, terjangkau di kantong mahasiswa guys! Untuk minumannya kisaran IDR 10.000 - IDR 20.000 sementara makanannya mulai dari IDR 5.000 sampai IDR 25.000 aja. 

Cappucinno


Cappucinnonya sama dengan coffeeshop kebanyakan. Memang lebih oke kalau tanpa gula.

Ice Lychee Tea


Just a glass of ice tea with some lychees in it.

Ice Greentea Latte


Greentea lattenya buat saya terlalu milky sih, walau tidak kental. Tapi cukup menyegarkan.

Tahu Petis

Tahu pong yang digoreng kemudian diisi dengan petis. Perporsi hanya dibanderol IDR 8.000 dan isinya ada 6 buah. Lumayan untuk mengganjal perut sembari menunggu makanan beratmu datang. Buat saya saus petisnya kemanisan.


Tempe Mendoan

Nah, ini nih, tempe mendoannya enak banget. Apalagi kalau dimakan waktu masih panas-panas, lalu dimakan bersama sambal kecapnya. Double enaknya!


Sego Iwak Pe


Salah satu menu yang mungkin jarang kita temui di Jogja, yaitu Sego Iwak Pe khas dari Surabaya. Seporsi nasi ini berisikan nasi dengan telur dadar, iwak pe, tempe goreng dan lalapan. Iwak pe sendiri kalau di tempat asalnya adalah ikan pari yang diasapkan. Ikan parinya dibelah terlebih dulu kemudian dijepitkan pada jepitan bambu agar memudahkan dalam proses pengasapan. Sambalnya nampol banget pedasnya. Oke juga nih buat yang penasaran dengan kuliner Surabaya, daripada jauh-jauh ke sana ya kan.

Nasi Goreng Raya's

I'm not sure with the name of this menu... Maafkan karena saya orangnya pelupa banget. Jadi ini adalah sepiring nasi goreng lengkap dengan toppingnya yang berisikan tumisan potongan-potongan sosis. Entah dimasak dengan bumbu apa, tapi toppingnya pedas banget! Padahal teman saya hanya memesan level sedang untuk tingkat pedasnya. Nggak ngerti deh kalau yang pedas beneran seperti apa rasanya hahaha ~


Ayam Goreng dan Pecel Terong


Yang ini saya juga lupa nama asli menunya apa. Pokoknya sebagai teman makan nasi ada ayam goreng dengan bumbu bawang putih dan tempe goreng serta terong goreng yang kemudian disiram dengan bumbu pecel. Sekali lagi, bumbu pecelnya kemanisan dengan rasa pedas yang tipis. Dan entah kenapa saya merasa ayam gorengnya seperti sudah lawas, mungkin terlalu lama disimpan di kulkas. 







Cukup lama kami menunggu makanan datang, sepertinya yang memasak hanya satu orang. Untung tersedia fasilitas wifi dan juga ada mainan yang bisa kalian pinjam seperti stacko. Lumayan untuk membantu menghilangkan kebosanan. Tiap sudut Raya's Kitchen juga photoable banget, buat yang suka foto OOTD pasti suka deh. Suasananya juga tenang dan cocok untuk mengerjakan tugas sambil ngopi. Yang membuat bahagia lainnya adalah Raya's Kitchen buka dari pagi. So, selamat mencoba!



RAYA'S KITCHEN FOOD & COFFEE

Alamat :
Jl. Sulawesi VIII No. 2, Sariharjo
Ngaglik, Sleman (Masuk gang sebelah ruko
Ringroad Jakal)

Jam Operasional :
09.00 - 22.30

Instagram :
@rayaskitchenandcoffee

You Might Also Like

0 komentar