REVIEW : MY TOP 5 BREAKFAST SPOT IN YOGYAKARTA!

7:11 PM

Untuk kebanyakan orang, sarapan menjadi rutinitas penting sebelum melakukan aktivitas seperti sekolah dan bekerja. Saya anaknya jarang sarapan sih. Apalagi buat sarapan makanan yang berat seperti nasi atau mie. Biasanya kalau sempat saja di rumah sarapan roti atau cemilan (re : gorengan). Karena perut suka melilit kalau pagi-pagi sudah dihantam nasi. Tapi saya punya beberapa referensi sarapan favorit kalau memang lagi kepingin sarapan yang bisa untuk mengganjal seharian. Kita mulai dari yang paling ringan ya!

1. Bubur Ayam Khas Jakarta 09 (Bubur GM)


Ini sudah menjadi bubur ayam favorit saya sejak di bangku kuliah, jamannya masih kuliah di kampus UII Jakal. Bubur ayam ini selalu ramai saat jam makan pagi karena memang porsinya pas dan rasanya enak. Pelengkapnya juga ada sate-satean yang benar-benar menggugah selera. Bubur ayamnya khas Jakarta yang menggunakan kedelai goreng dan potongan-potongan cakwe. Kuah kuningnya free refill lho. Bubur ini jadi langganan anak kampus UII untuk sarapan. Kalau mau sarapan nasi tapi nggak mau berat-berat bisa coba bubur satu ini.

Lokasi :
Jl. Kaliurang Km. 14, Besi, Sleman
(Depan BRI)

2. Mie Ayam Bandung 59


Spot sarapan satu ini sepertinya nggak perlu diragukan lagi ya. Setiap saya ke sini selalu ramai dikunjungi. Tidak ada salahnya sih makan mie ayam pagi-pagi. Apalagi mie ayamnya enak dengan citarasa manis pedas seperti ini. Menu jagoan lainnya adalah lomie kangkung yang tidak kalah enak. Kuahnya kental dan manis dengan isian sayuran di dalamnya. Mie ayamnya lebih ke arah mie ayam chinese yang menggunakan mie ukuran kecil. Pelengkapnya ada pangsit kuah. Kalau tidak ingin makan mie yang terlalu berat, bisa pesan batagor yang tidak kalah enak!



Lokasi :
Jl. Beskalan No. 35, Ngupasan, Gondomanan
Yogyakarta (Gang Ramai Mall)

3. Tahu Gimbal Pak Yono

Kalau mau sarapan yang agak siang dan berat, bisa coba tahu gimbal satu ini. Nggak perlu jauh-jauh ke Semarang guys, karena tahu gimbal di sini juga enak banget! Jangan khawatir kehabisan karena tahu gimbal ini baru buka pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00. Tapi jangan heran kalau baru buka saja sudah ramai dikunjungi. Cerita selengkapnya bisa dibaca di Tahu Gimbal Pak Yono ya!


Lokasi :
Jl. Tentara Pelajar, Bumijo, Jetis
Yogyakarta (Samping Bank BPD)


BACA JUGA : MY TOP 5 AYAM GEPREK IN YOGYAKARTA!


4. Lontong Sayur Sumatera Uda Uni


Naik ke level sarapan yang lebih berat lagi dan... berlemak! Saya sangat jarang sarapan dengan makanan bersantan seperti ini. Kebetulan waktu itu saya habis nginep di rumah teman. Jadilah kami melipir sarapan sebelum saya pulang  ke rumah. Beberapa waktu kemudian saya balik lagi ke sini, tapi saya agak menyesal karena saya memesan menu yang sama. Padahal selain lontong sayur, mereka juga punya menu lontong pecel yang benar-benar membuat saya ngiler! Baiklah kapan-kapan harus coba. Lontong sayurnya enak dan bumbu yang ada di kuahnya nendang banget rasanya. Bisa pilih topping pakai telur saja atau ditambah ayam opor. Kalau habis jogging di Mandala Krida boleh mampir sarapan di sini.

Lokasi :
Stadion Mandala Krida,
Yogyakarta

5. Warung Kopi Klotok




Terakhir, saya punya referensi spot sarapan yang jadi primadona warga Jogja saat ini, apalagi kalau bukan Kopi Klotok! Baru datang jam 7 pagi saja sudah ramai padahal bukan hari libur atau akhir pekan. Tapi beneran deh, nggak pernah menyesal datang ke sini. Padahal menu-menunya adalah makanan tradisional yang bisa dibilang ndeso dan Jogja banget. Sego megononya juara, begitu juga dengan telur dadar dan pisang gorengnya. Suasana dan tempatnya juga asik banget untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman kalian. Cerita lengkapnya ada di Warung Kopi Klotok silahkan dibaca!

Lokasi :
Jl. Kaliurang Km. 16, Pakem, Sleman

Itulah beberapa referensi tempat sarapan yang bisa saya bagikan ke kalian. Kalau kalian punya tempat sarapan favorit di Jogja, boleh lho share di kolom komentar. Sekian dulu ulasan kali ini, sampai jumpa di post berikutnya. Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar